Sholat adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap umat islam yang sudah memenuhi syarat, yang dalam satu hari ada 5 waktu dengan jumlah 17 rokaat. Waktu sholatnya yakni waktu subuh sebanyak 2 rokaat, waktu dhuhur 4 rokaat, asyar 4 rokaat, magrib 3 rokaat dan isya 4 rokaat.  Dalam pelaksanaannya, semua sholat yang hukumnya wajib sangat diutamakan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Nah dalam pelaksanaan sholat berjamaah di masjid ini, hal yang sangat penting dan penunjang unsur kesempurnaan sholat berjamaah adalah barisan atau shof yang rapat dan lurus. Untuk itu, biasanya sebelum mulai, imam mengingatkan makmum untuk merapatkan dan meluruskan barisan. Bahkan karena begitu pentingnya masalah barisan ini, pada jaman sahabat Umar, untuk meluruskan jamaah dengan menggunakan pedang seperti barisan yang mau berangkat jihad ke medan perang.

Saya belum tau persis, apa hikmah dibalik barisan yang rapat dan lurus dalam setiap sholat berjamaah. Sama seperti halnya yang sering saya lihat para tentara dalam setiap kegiatan baik untuk upacara ataupun mau berperang selalu menyiapkan dan meluruskan barisan namun saya belum tahu hikmahnya.   Namun sejauh yang saya tahu, jika ada ruang yang longgar antar jamaah dalam sholat berjamaah maka disitu akan ditempatin setan yang mengganggu kekhusukan sholat para jamaah.  Jadi tetaplah merapatkan dan meluruskan barisan kita dalam setiap sholat berjamaah. Oke🙂